0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kapolda Resmikan Lapangan Tembak Pertama di Polres Wilayah Jateng

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat meresmikan lapangan tembak Kahyangan 96 di Polres Wonogiri. (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Lahan sekitar 300 meter persegi yang dulunya berisi tumpukan rongsokan sepeda motor dan mobil barang bukti kecelakaan itu disulap menjadi sebuah lapangan tembak yang representatif. Kini, lapangan tembak Kahyangan 96 milik Polres Wonogiri diklaim kali pertamanya dimiliki jajaran setingkat Polres di Jawa Tengah.

“Iya, untuk setingkat Polres baru Wonogiri yang mempunyai lapangan tembak,” ungkap Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono di sela peresmian Lapangan Tembak Kahyangan 96 sekaligus secara resmi membuka lomba menembak Polres Wonogiri, Jumat (24/11).

Kapolda menyebut, lapangan tembak milik Polres Wonogiri ini sudah memenuhi standar olahraga pada umumnya. Ia juga mengatakan, jika belum lama ini dia telah meresmikan lapangan tembak di SPN Purwokerto.

“Dengan adanya fasilitas ini, anggota dapat benar-benar menguasai cara penggunaan senjata, mulai dari cara menembak, bagaimana cara emosional mencabut senjata. Dan yang terpenting adalah anggota dapat lebih terampil dalam mengambil tindakan menembak sesuai sasaran yang melumpuhkan, bukan mematikan,” katanya.

Selama ini, Polres yang belum memiliki lapangan tembak, secara rutin tiap bulannya berlatih di Mako Brimob eks Polwil Surakarta. Itu pun tidak semua anggota dapat mengikuti latihan menembak, pasalnya ruang dan lokasi yang terbatas.

“Kalau ada lapangan tembak di setiap Polres, peluang atau kesempatan anggota berlatih menembak lebih besar dan sangat menguntungkan anggota juga,” bebernya.

foto: Tarmuji

Ke depan, imbuh Kapolda, diharapkan setiap Polres memiliki lapangan tembak sendiri. Irjen Pol Condro Kirono dalam kunjungannya di Polres Wonogiri juga menekankan agar skill menembak pada diri anggota selalu diasah.

“Jangan sampai ada kejadian dor di sana yang jatuh di sebelah sana, itu nggak boleh,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Wonogiri, AKBP Mohammad Tora menambahkan, dengan adanya lapangan tembak Kahyangan 96 ingin memasyarakatkan olahraga menembak di Wonogiri. Dia juga menyebut, jika sebelumnya sudah dilakukan latihan menembak bersama jajaran Forkompinda, bahkan kalangan camat dan kades pun turut serta.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge