0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tesla Bangun Baterai Terbesar di Dunia Dalam 60 Hari

Baterai lithium ion raksasa Tesla. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Tesla telah berjanji menolong Australia Selatan untuk mengatasi masalah listrik di sana. Perusahaan itu menepati janjinya dengan membangun baterai terbesar di dunia dalam waktu kurang dari 100 hari. Perusahaan itu membangun baterai lithium ion terbesar di dunia dalam waktu yang memecahkan rekor. CEO Tesla Elon kala itu mentweet dalam kontrak tertulis 100 hari atau kalau tidak gratis.

Pemerintah lokal juga telah mengeluarkan rilis pers mengkonfirmasi jika pembuatan baterai bertenaga 100MW itu sudah selesai. Baterai itu akan mentenagai dan diuji dalam beberapa hari ke depan, tulis Ubergizmo. Baterai terbesar di dunia itu akan menolong mengatasi masalah listrik di Australia Selatan. Wilayah itu akan memiliki cadangan energi listrik untuk musim panas. Baterai bernama Tesla Powerpacks itu akan dihubungkan dengan pembangkit tenaga udara.

Wilayah negara itu sebelum mengalami pemadaman total pada September 2016. Kondisi itu menimbulkan perdebatan politis soal keamanan sumber daya listrik di wilayah itu. Pemadaman listrik besar-besaran itu dikatakan karena ketidakmampuan sumber energi yang bisa diperbarui untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Baterai raksasa buatan Tesla itu akan digunakan untuk menyimpan energi dari sumber daya listrik yang bisa diperbarui yang berasal dari angin dan energi matahari. Listrik yang tersimpan di dalam baterai baru akan digunakan jika kebutuhan listrik meningkat. Dalam beberapa hari ke depan, baterai itu akan diuji untuk memastikan jika sudah dioptimalkan dan memenuhi syarat pemerintah.

Tesla dan pemerintah Australia Selatan menandatangani kesepakatan pada akhir September 2016. Saat itulah hitungan 100 hari dimulai. Tesla telah berhasil memenuhi janjinya dalam waktu dua bulan. Seluruh proyek ini dikatakan menghabiskan dana sekitar $50 juta.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge