0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Drainase, Wabup Sentil Kepedulian Masyarakat

Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Proyek infrastruktur (jalan dan jembatan) yang ada di Wonogiri dipastikan rampung dipenghujung tahun ini. Namun begitu, pemerintah meminta agar partisipasi serta kepedulian masyarakat juga lebih baik.

”Kalau tidak mau ikut merawat, umurnya baik jalan atau pun jembatan pasti tidak akan lama, percuma saja diperbaiki. Saya mengimbau agar masyarakat ini peduli dan rumongso melu handarbeni,” beber Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, Kamis(23/11).

Menurut Wabup, pola pikir masyarakat perlu dirubah. Perlu adanya penyadaran kembali dan meningkatkan semangat gotong royong. Terlebih lagi, pada musim penghujan seperti saat ini, banyak drainase yang tidak berfungsi.

“Kemarin waktu kunjungan di wilayah timur, saya sempat berpesan kepada warga, agar menjaga drainase, jangan sepelekan manfaat drainase,” tuturnya.

Bahkan, di sejumlah wilayah hampir tidak ada drainase, berubah menjadi emperan rumah. Lebih parah lagi, ada drainase di sejumlah kecamatan tertutup semak belukar, bahkan bahu jalan oleh warga setempat justru dijadikan lahan untuk menanam pakan ternak berupa rumput gajah.

Melihat kondisi tersebut, perlu ditumbuhkan kembali gotong royong. Namun, hal itu juga harus ada peran aktif pemerintah kecamatan maupun desa. Alangkah baiknya, bersih- bersih secara serentak digelar, seperti dibuat rutin saban jumat pagi di masing- masing daerah.

“Mentang- mentang sudah ngerti, kalau jalan ini jalan kabupaten wewenangnya, ya merawat dan memperbaiki ya Pemkab. Terus masyarakat berpangku tangan saja, membiarkan semak belukar menutupi badan jalan. Ini yang mulai kita coba bangun, kita gedor mata hati mereka agar lebih peka dalam hal kesadaran tanpa perlu dikomando pemerintah,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge