0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Realiasasi Dana Desa di Baturetno Salahi Aturan, TP4D Keluarkan Rekomendasi

Tim TP4D saat sidak pekerjaan rabat jalan di Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Hasil monitoring realisasi dana desa di Desa/Kecamatan Baturetno diklaim terdapat sejumlah hasil pekerjaan yang tak sesuai volume. Pekerjaan itu terdiri atas tiga drainase dan lima rabat beton.

“Data itu hasil monitoring realisasi dana desa pemerintah Desa Baturetno pada Oktober lalu. Total volume yang kurang senilai Rp 17.787.700, ” ungkap Ketua TP4D Wonogiri yang juga Kasi Intelejen Kejari Wonogiri, Triyanto, Kamis (23/11).

Dipaparkan, pekerjaan yang paling besar kekurangan volumenya yakni drainase di Dusun Batu Kidul RT 1 dan RT 2/RW 11. Masing-masing pekerjaan kekurangan volume senilai Rp 4.156.120. Dia menyebut, proyek di dua tempat itu sebagian materialnya menggunakan batu dari bangunan lama. Hal itu berdampak pada hasil pekerjaan menjadi kurang bagus.

“Makanya pekan lalu saya mengirimkan surat rekomendasi agar kerugian yang ditimbulkan dikembalikan ke kas desa,” jelasnya.

Dia menambahkan, dana yang dikembalikan ke kas desa, akan menjadi sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa). Dana yang masuk Silpa dapat digunakan di 2018 mendatang.

“Pelaksana kegiatan sudah mengembalikan kerugian negara ke kas desa. Jadi kita tinggal nunggu bukti setorannya, dan artinya penyelidikan sudah selesai,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge