0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apakah Veganisme Sehat Untuk Dilakukan?

Sayuran (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net—Veganisme dan vegetarianisme adalah dua jenis diet yang berbeda. Vegetarianisme mengajarkan orang hanya untuk memakan sayuran dan buah. Para vegetarian menghindari daging baik daging ayam, sapi, kambing dan ikan. Sementara veganisme selain menghindari daging, mereka juga berpantang makan telur, susu, produk susu seperti es krim, keju, mentega, margarin dan berbagai produk lain dari binatang.

Ide di balik veganisme adalah keinginan seorang vegan untuk hidup berdampingan secara harmonis dengan binatang. Para vegan juga tidak ingin merusak bentuk kehidupan apapun. Oleh karena itu, mereka juga tidak menggunakan kain sutera (terbuat dari benang ulat sutera), kulit binatang, gula (dihaluskan dengan tulang binatang), madu, sikat gigi (abu tulang binatang) dan bahkan kosmetik tertentu.

Tapi apakah diet vegan benar-benar sehat? Para ahli nutrisi menganjurkan orang tua untuk melarang anak-anak kecil dan bayi menjalani diet vegan. Hal ini karena anak-anak kecil perlu protein hewani. Tapi untuk orang dewasa, diet ini bermanfaat jika dikelola dengan baik. “Diet vegan terdiri dari makanan berbasis tanaman termasuk sayuran dan buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan; bahkan produk susu perlu dihindari. Berbagai penelitian menunjukkan jika diet vegan menolong orang mengurangi berat badan, mengurangi resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes tipe 2,” ujar ahli nutrisi Ritika Samaddar dilansir oleh Times of India.

Dia menambahkan, “Diet ini adalah diet yang baik untuk dilakukan tapi orang perlu mengawasi beberapa nutrisi tertentu seperti kalsium, B12 dan protein karena menghindari produk-produk susu bisa menyebabkan kekurangan nutrisi ini.”

“Jangan lupa menyertakan protein ke dalam menu makanan Anda. Begitu Anda berhenti makan daging, telur dan produk susu, Anda mungkin membuat tubuh kehilangan nutrisi-nutrisi penting. Sedangkan makanan berbasis tanaman bisa menyediakan jumlah nutrisi yang diperlukan, ingatlah untuk menyertakan jumlah yang diperlukan dalam makanan sehari-hari. Contohnya, almond merupakan sumber 15 nutrisi termasuk protein. Bahkan kacang ini lebih kaya protein dibandingkan kacang lain,” ujar ahli nutrisi Madhuri Ruia. Oleh karena itu, para vegan disarankan makan kacang almond, biji-bijian dan buah kering seperti aprikot dan buah ara.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge