0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apakah Susu Bubuk Baik Untuk Kesehatan?

Susu bubuk. (dok: timlo.net/ timesofindia. )

Timlo.net—Susu bubuk adalah produk yang dibuat dengan menguapkan susu biasa. Karena susu memiliki umur simpan yang sangat terbatas, susu bubuk sangat nyaman digunakan karena masa simpannya. Mengubah susu cair menjadi bubuk juga menghemat biaya transportasi. Dengan menyimpannya di wadah yang kedap udara, susu ini bisa bertahan lama. Apa saja manfaat dan kerugian susu bubuk pada kesehatan?

Bila ditambahkan ke dalam teh, kopi atau minuman lain, maka rasa minuman itu menjadi lezat. Walaupun terbuat dari susu skim, susu bubuk menambahkan rasa creamy pada makanan dan minuman. Oleh karena itu, susu bubuk menjadi pilihan untuk campuran makanan dibandingkan susu sapi cair.Susu bubuk biasanya digunakan untuk susu formula bayi juga dalam produksi permen, coklat dan produk lain. Tapi rasa susu bubuk berbeda dengan susu sapi segar. Saat dinikmati sebagai minuman susu biasa, rasa susu bubuk tidak seenak susu sapi segar.

Susu bubuk juga memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan susu sapi segar, tulis Times of India.  Tapi susu bubuk mengandung kolesterol teroksidasi. Kolesterol teroksidasi mengacu pada senyawa mirip lilin yang menempel pada dinding arteri dan merugikan pembuluh darah. Selain itu, untuk meningkatkan masa simpan susu bubuk, zat pengawet ditambahkan ke dalamnya. Gabungan zat pengawet dan kolesterol teroksidasi ini bisa memicu terbentuknya plak pada pembuluh darah. Hal ini bisa menjadi awal terjadinya penyakit jantung.

Susu bubuk lebih murah dibandingkan susu segar. Menurut para peneliti, selain adanya zat pengawet, harga yang murah ini juga dikarenakan penggunaan bahan-bahan di bawah standar pada susu bubuk. Alasan lain susu bubuk populer di pasar global adalah adanya formula susu bubuk rendah laktosa. Menurut sebuah penelitian, susu ini bisa dinikmati oleh mereka yang menderita intoleransi laktosa. Terlebih harga susu rendah laktosa sendiri lebih murah dibandingkan susu biasa. Ide penciptaan susu bubuk rendah laktosa sendiri muncul pada 1995. Susu ini sebenarnya dirancang untuk para anggota militer.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge