0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buah Belimbing Berbahaya Untuk Kesehatan?

Belimbing. (dok: timlo.net/ timesofindia.)

Timlo.net—Menurut beberapa penelitian, belimbing berbahaya untuk kesehatan tubuh. Dalam beberapa penelitian terungkap jika beberapa orang tidak bisa mentoleransi efek buah belimbing untuk tubuh. Di dalam buah itu terdapat beberapa senyawa yang bisa mempengaruhi otak dan menyebabkan masalah saraf, tulis Times of India.

Senyawa beracun itu disebut neurotoxin. Orang-orang dengan ginjal yang normal bisa menghilangkan racun ini. Tapi senyawa itu berbahaya untuk mereka yang bermasalah dengan ginjalnya. Oleh karena itu buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi penderita penyakit ginjal kronis.

Selain berbahaya untuk saraf dan ginjal, belimbing dikatakan juga mempengaruhi saluran pencernaan. Gejala-gejala keracunan belimbing di antaranya adalah cegukan, kebingungan mental, kejang-kejang. Dalam beberapa kasus, keracunan belimbing bisa menyebabkan kematian.

Sekalipun beracun, buah belimbing ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini memang terkesan bertolak belakang. Tapi buah yang terasa asam manis itu merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge