0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanggul Jebol, 90 Rumah Warga Terendam Banjir

Tanggul di Semarang jebol (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Tanggul Sungai Beringin di kawasan Kelurahan Mangkang Wetan, Semarang jebol sepanjang 15 meter. Akibatnya, air masuk ke permukiman warga dan menggenangi dengan ketinggian antara 30 sampai 80 centimeter pada Rabu (22/11) malam.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Sarwa Pramana mengatakan setidaknya 90 rumah terkena dampak tanggul jebol tersebut. “Saat hujan lebat semalam, air bercampur lumpur masuk ke rumah warga,” jelasnya saat dihubungi, Kamis (23/11)

Menurut Sarwa, jebolnya tanggul tersebut karena tidak kuat menahan luapan air akibat hujan. Semarang, lanjutnya, dilanda hujan deras sejak pukul 17.00. Banjir mulai terjadi pukul 18.00 dan mereda pada 18.45 WIB. “Meski tidak ada korban jiwa, tapi beberapa rumah mengalami rusak ringan,” paparnya.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, kata Sarwa, petugas kerelawanan dari BPBD, Basarnas, TNI, dan Satpol PP akan melakukan kerja bakti. “Pagi kita kerja bakti. Selain membersihkan sisa lumpur dan sampah, juga memasang tanggul darurat dari karung berisi pasir serta truk bambu sebagai penahan,” paparnya.

Sarwa mengatakan saat ini air sudah surut dan tidak ada warga yang mengungsi. “Ya saat kejadian memang ada yang menyelamatkan diri serta harta bendanya, namun setelah surut mereka kembali ke rumah,” ungkapnya. Dia pun mengimbau warga di sekitar sungai meningkatkan kewaspadaan karena ancaman banjir mulai mengintai. [rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge