0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini yang Bikin Istimewa Sekatenan Tahun Ini

KGPH Dipokusumo menggelar jumpa pers di Sasana Putra, Rabu (22/11) (foto: Rosyid)

Solo – Perhelatan Sekaten di Solo tahun ini bisa dibilang cukup spesial. Tahun ini, ada upacara adang Tahun Dal yang hanya dilaksanakan delapan tahun sekali. Upacara tersebut akan digelar di Pawon Gondorasan, Minggu (3/12).

“Sinuhun akan menanak nasi sendiri di Pawon Gandarasan (dapur milik keraton),” kata Pengageng Parentah Keraton Surakarta, KGPH Benowo saat jumpa pers di Sasana Putra, Rabu (22/11).

Prosesi Adang Tahun Dal ini tergolong unik lantaran hanya diselenggarakan di tahun dal menurut perhitungan Kalender Jawa. Pada upacara tersebut, Sinuhun Pakubuwana XIII sendiri akan menanak nasi untuk dimakan bersama, Senin (4/11) esoknya. Hasil masakan Sinuhun akan dinikmati seluruh keluarga  besar Keraton Surakarta dan para abdi dalem.

“Besok yang dimasak ada 70 kg beras,” kata dia.

Keistimewaan acara ini tak hanya berhenti sampai di situ. Konon, air yang akan digunakan untuk memasak diambil dari berbagai mata air petilasan para leluhur. Dipo menyebutkan di antaranya di Imogiri Gunung Kidul, Kotagede Yogjakarta, Bayat dan Cokro Tulung Klaten, serta Pengging, Boyolali.

“Utusan dalem sudah dari minggu kemarin menyiapkan upacara ini. Besok mereka akan datang untuk mengikuti upacara,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge