0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Potensi Banjir Merata, Ini Lokasi Pengungsian yang Disiapkan

Sukoharjo – Sebanyak delapan dari 12 kecamatan di Sukoharjo berpotensi terjadi banjir, namun yang paling parah di Kecamatan Mojolaban, Grogol dan Polokarto. Menghadapi kemungkinan terjadinya banjir, Kodim 0726 bersama BPBD dan tim gabungan menyiapkan tiga pengungsian sementara dan tiga penampungan akhir.

“Dari 12 kecamatan, delapan diantaranya beroptensi terkena banjir. Karena pengalaman tahun-tahun sebelumnya, delapan kecamatan tersebut pernah terdampak banjir. Jika curah hujan tinggi, banjir bisa meluas ke Kecamatan Sukoharjo, Bendosari dan Kartasura,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Suprapto, Rabu (22/11).

Dari 12 kecamatan yang selama ini hampir tidak pernah terdampak banjir hanya di Kecamatan Tawangsari, Kecamatan Bulu, kecamatan Baki dan Gatak. Selain itu semua berpotensi terdampak banjir jika curah hujan di Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, Klaten dan Boyolali juga terjadi hujan deras dengan durasi lebih dari dua jam.

Tim gabungan di bawah kendali Kodim 0726 dan BPBD menyiapkan sedikitnya tiga lokasi pengungsian sementara di Balai Desa Pranan, Laban dan Tegalmade. Dan jika banjir meluas, warga isa diungsikan ke pengungsian akhir di Stadion Mini Bekonang, kantor Kecamatan Mojolaban dan Kantor Kecamatan Grogol.

“Selain itu, rumah warga yang posisinya lebih tinggi dan tidak terdampak banjir sudah biasa digunakan warga untuk mengungsi sementara sampai air surut. Lokasi penampungan yang kita siapkan memang fokus di Mojolaban dan Grogol karena terdampak paling parah jika dibandingkan kecamatan lain,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge