0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aliran PDAM Seret, Ini Penyebabnya

(Perbaikan pipa PDAM di Karangpandan. (foto:ist))

Karanganyar – Pipa penyalur air bersih PDAM di Ngipik, Bangsri, Karangpandan pecah di tiga titik. Pembenahannya memaksa perusahaan berplat merah itu mematikan aliran air ke pelanggan untuk sementara.

“Pipanya sejak tahun 1986 belum diganti. Air yang masuk cukup deras. Akhirnya pipa goyang dan pecah. Ternyata, pecahnya di tiga titik. Air yang terbuang percuma sampai 20 liter per detik. Kalau tidak segera diganti pipanya, bakal makin parah kondisinya,” kata Dirut PDAM Tirta Lawu, Prihanto kepada Timlo.net, Selasa (21/11).

Kebocoran yang terjadi pada Minggu (19/11) itu dicoba dilakukan pembenahan dengan direkayasa pada Senin (20/11). Namun hasilnya tak maksimal. Padahal PDAM sudah menerbitkan surat pemberitahuan ke pelanggan terkait pemutusan aliran air di wilayah perkotaan dan Jaten.

Opsi penggantian pipa dilakukan pada Selasa (21/11) menyebabkan keputusan memutus aliran air kembali diambil. Prihanto menjanjikan kondisi kembali pulih Selasa malam.

“Mengganti pipanya jam 17.00 WIB. Kemungkinan selesai pukul 22.00 WIB. Surat pemberitahuan bertujuan agar masyarakat pelanggan PDAM mengisi bak air dulu sebelum air diputus sementara,” katanya.

Secara kelembagaan, dirinya meminta 18 ribu pelanggan memahami situasi itu.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge