0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kawah Gunung Agung Masih Tersumbat Lava

Gunung Agung meletus (merdeka.com)

Timlo.net — Penyebab belum meletusnya Gunung Agung di Karangasem, Bali lantaran adanya sumbatan lava bekas letusan tahun 1963 lalu. Dengan adanya letusan freatik, Selasa (21/11) sore, dikawatirkan akan menjebol sumbatan lava yang terjadi sejak 1963. Terlebih lagi tremor terus menerus mengguncang Gunung Agung.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur ‎Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Devy Kamil syahbana menjelaskan, sudah hampir satu jam lebih tremor menerus mengguncang tubuh Gunung Agung.

Dia mengatakan bahwa hal itu menandakan aktivitas magma yang tengah berusaha menerobos sumbat lava, akibat letusan pada tahun 1963.

‎”Artinya Gunung Agung sedang bergoyang di dekat permukaan sampai ke permukaan. Kita monitor terus, apakah pada akhirnya sumbat lava 1963 terbongkar sepenuhnya atau tidak,” kata Devy.

Menurutnya bila magma berhasil membongkar sumbat lava, diprediksi lava akan segera keluar, dibarengi dengan ‎suara letusan.

“Nanti bilamana sudah terbongkar, kemungkinan di areal puncak nanti akan terang karena lava segar keluar, suara juga akan terdengar keras,” tutur Devy.

Hanya saja, Devy mengaku tak bisa memastikan kapan hal itu terjadi.

“Tapi kita tidak bisa pastikan, kita hanya bisa monitor. Kita sama-sama berdoa dan berharap tidak sampai ke luar besar. Tapi kita tetap standby dan selalu siap dengan kondisi apa pun,” harapnya.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge