0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunung Agung Dinyatakan Meletus, Warga Masih Tenang

Gunung Agung meletus (merdeka.com)

Timlo.net – Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Devi Kamil Syahbana mengatakan Gunung Agung di Karangasem Bali mengeluarkan asap tebal pukul 17.05 WITA, Selasa (21/11). Semburan asap bertekanan sedang dengan warna kelabu tebal dengan ketinggian maksimum sekitar 700 meter di atas puncak.

“Abu letusan bertiup lemah ke arah Timur-Tenggara. Letusan masih terus berlangsung,” kata Devi dalam keterangan tertulis.

Masyarakat diminta tetap tenang dan senantiasa mengikuti rekomendasi PVMBG dalam Status Level III (Siaga).

Dia menerangkan, rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Agung dan wisatawan agar tidak berada tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona berbahaya, yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 6 km dari kawah puncak gunung.

Selain itu ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timur Laut dan Tenggara-Selatan-Barat Daya sejauh 7.5 km. Zona bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu, mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.

Sementara itu informasi dari sejumlah masyarakat yang berada di kawasan dekat Gunung Agung mengaku tidak mengetahui adanya tanda gunung meletus. Bahkan tanda bunyi sirine juga tidak ada.

“Hoax atau gimana ini Pak. Tidak ada bunyi tanda gunung meletus. Seharian hujan, tidak ada gempa yang keras, juga belum dapat kami soal itu,” ungkap Ngakan di Rendang Karangasem, Bali.

Sementara itu, meski Gunung Agung dinyatakan meletus, namun Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tetap beroperasi karena jalur penerbangan dinyatakan masih aman

“Kita masih open. Belum ada penutupan,” ucap Humas PT Angkasa Pura I Airport Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim di Denpasar, Selasa (21/11).

Dijelaskan Arie, pihaknya hingga kini masih untuk menanyakan kepada pihak Airnav terkait status gunung Agung. Sejauh ini, pesawat yang tiba maupun berangkat meninggalkan Bali berjalan lancar.

“Laporan yang kami terima belum ada penerbangan yang dibatalkan, termasuk yang akan ke Bali. Arah angin masih ke timur cenderung ke tenggara dan hingga saat ini pemantauan visual melalui pilot report tetap dijalankan,” tandasnya.

[bal/cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge