0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kerap Bugil Saat Menuju Pemandian, 9 WNA Ini Dipulangkan

Sembilan WNA asal China yang diamankan pihak Imigrasi Surakarta (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Sebanyak sembilan Warga Negara Asing (WNA) asal China dideportasi dari Indonesia. Pasalnya, selain membuat masyarakat resah mereka juga dinilai melakukan aktivitas ilegal di Kawasan Desa Bulu, Kabupaten Wonogiri.

“Dari laporan warga yang tinggal di desa tersebut, kami menindaklanjuti dan melakukan penyelidikan terhadap para WNA tersebut,” terang  Kasi Wasdakin (Pengawasan dan Pendindakan) Kantor Imigrasi I Surakarta, Sigit Wahjuniarto, Selasa (21/11) siang.

Kasus ini bermula, dari kebiasaan nyleneh yang dilakukan para WNA tersebut. Mereka kerap telanjang alias bugil saat hendak menuju tempat pemandian. Melihat pemandangan itu, masyarakat desa mengaku risih dan melaporkan kasus tersebut ke pihak terkait. Dari laporan inilah, pihak Imigrasi bekerjasama dengan Babinsa desa setempat mengamankan kesembilan WNA asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dari hasil penyidikan yang dilakukan, kesembilan WNA ini hanya memiliki izin tinggal. Akan tetapi, mereka melakukan aktivitas ilegal dengan kegiatan survey pengukuran tanah. Praktis, hal tersebut juga mengakibatkan kegelisahan bagi masyarakat selain hal nyleneh yang kerap dilakukan oleh mereka.

“Tanggal 7 November kemarin mereka datang. Lalu, langsung membuat perilaku aneh tersebut. usut punya usut, mereka juga melakukan survey pengukuran tanah untuk dibuat perumahan. Padahal, visa yang mereka gunakan adalah ijin tinggal saja,” jelas Sigit.

Rencananya, sore ini kesembilan WNA asal China tersebut akan segera dipulangkan dari dari Bandara Adi Soemarmo Solo sekitar pukul 16.00 WIB. Selain sanksi deportasi, kesembilannya juga dicantumkan dalam daftar tangkal dilarang berkunjung ke Indonesia selama enam bulan dan dapat diperpanjang. Sanksi sesuai dengan Pasal 75 ayat 1 dan 122 huruf a Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge