0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bahaya Menjilat Lipstik Pada Bibir

Bibir merah. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Banyak wanita suka bereksperimen dengan warna lipstik yang mereka pakai. Mereka juga kerap memoles kembali bibir dengan lipstik setiap beberapa jam supaya tidak pudar. Selain itu, ada sebuah kebiasaan lain yang dilakukan wanita yang ternyata berbahaya. Mereka kadang-kadang menjilat lipstik pada bibir mereka. Kebiasaan ini berbahaya karena adanya logam beracun pada pewarna bibir itu.

Lipstik mengandung logam seperti cadmium dan alumunium. Bila kedua logam itu bersentuhan dengan asam lambung, maka akan beracun. Sebagian besar penelitian menyatakan jika kedua logam ini tidaklah begitu berbahaya bagi bibir. Tapi memoles kembali bibir dengan lipstik dan menjilatnyalah yang berbahaya, tulis Times of India.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Enviromental Health Perspectives (EHP), pemimpin penelitian Dr. Katharine Hammon, jika anak kecil makan lipstik, maka jumlah logam yang masuk ke dalam tubuh lebih besar dibandingkan tubuhnya yang kecil. Hal ini perlu dikuatirkan.

Dalam penelitian terungkap, alumunium dan logam lain ditemukan dalam jumlah besar di lipstik dibandingkan timah. Bila kedua logam itu masuk ke dalam tubuh dalam jumlah besar maka akan berbahaya. Para peneliti menyatakan jika orang mengkonsumsi salah satu logam sebanyak 24 mg per hari dia bisa keracunan.

Oleh karena itu, para wanita harus berhati-hati untuk tidak menjilat lipstik mereka. Mereka juga harus membatasi seberapa sering mereka memoles bibir dengan lipstik setiap harinya. Para ahli menyarankan memoles kembali bibir sekali atau dua kali per hari supaya tidak keracunan logam.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge