0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wajar, Rasa Ingin Tahu Anak Tentang Seks

Elly Risman memprestasikan di depan peserta (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Ada rasa tingin tahu anak tentang seks adalah wajar, konsekuensi dari perkembangannya. Usia meningkat tentu ingin yang lebih detail.

“Untuk menghadapi pertanyaan terkait dengan seks, memang mesti tenang dan kontrol diri atau relax, take it easy, cek pemahaman anak. Tangkap inti pertanyaan, dan yang terbaik saat itu ditambah dengan norma agama. Kalau tidak menjawab atau belum tahu, tunda dengan jujur,” jelas Pakar Parenting Elly Risman pada Seminar Parenting bertemakan Pede Bicara Seksualitas pada Anak Sendiri, di Ballroom Megaland Hotel, Solo, Sabtu (18/11).

Elly mengemukakan, sebagai orang tua di jaman digital ini dalam menghadapi anak memang musti dirubah. Sepulang sekolah, anak jangan hanya ditanya tentang pekerjaan rumah saja atau les. Padahal, persoalan seputar seks pada anak perlu mendapat perhatian utama, dan tidak bisa dianggap enteng.

Sekarang ini, menurut Elly, sekitar 52 persen menstruasi anak perempuan  berkisar pada usia 9 tahun. Berarti seusia tersebut anak perempuan telah menginjak umur dewasa. Sedang 48 persen mimpi basah anak laki-laki berkisar pada usia 11 tahun.

“Kesimpulan masa usia dewasa anak, sekarang ini lebih muda dibanding tahun-tahun saat usia kita memasuki usia dewasa. Artinya, sesuatu yang berhubungan seks anak mulai aktif,” jelasnya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge