0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jumlah Peserta Indonesia Menari 2017 Membludak

Peserta Indonesia menari 2017 (timlo.net/heru gembul)

Solobaru — Aneka kostum warna-warni dari ribuan peserta menghiasi acara Indonesia Menari 2017 yang diselenggarakan Bakti Budaya Djarum Foundation. Acara menari bersama yang di gelar di The Park Mall Solobaru tersebut juga diselenggarakan secara serentak di dua kota lain, yakni Bandung dan Jakarta, Minggu (19/11).

Penyelenggaraan acara tahunan yang digelar kali keenam ini menunjuk Rosmala Sari Dewi dari International Council of Organizations of Folklore Festival & Art Festival (CIOFF) yang bertindak selaku koreografer. Sementara Pongky Prasetyo mengaransemen komposisi lima lagu daerah yakni Bungong Jeumpa (Aceh), Cik Cik Periuk (Kalimantan Barat), Cingcangkeling (Jawa Barat), Rasa Sayang (Maluku), Si Patokaan (Sulawesi Utara), dan Gemu Fa Mi Re (Nusa Tenggara Timur) menjadi musik pengiring tarian.

Para peserta wajib mengikuti komposisi gerak yang disebar melalui situs berbagi video Youtube. Peserta juga diperkenankan mengkreasikan gerakan tersebut sesuai dengan kreativitas masing-masing kelompok peserta.

Hadir sebagai instruktur tari, artis Ayushita dan Rangga Moela. Kepada wartawan mereka mengaku terkejut dengan membludaknya jumlah peserta di Kota Bengawan.

“Tadinya kan kita kira cuman sekitar 200 peserta, nah ternyata ribuan. Kita kaget juga,” kata Ayushita.

Dirinya juga mengaku senang bisa berpartisipasi dalam acara tahunan ini. Sebab, selain untuk melestarikan tari dan muaik tradisional, agenda ini juga mampu menarik minat anak muda untuk terus berkreasi dan menjaga kebudayaan Indonesia.

“Sebagai anak muda ini tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan budaya Indonesia, salah satunya dengan seni tari,”kata dia.

Senada, Rangga Moela juga mengaku bangga bisa menjadi salah satu icon Indonesia Menari. Dirinya mengaku persiapan tarian tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar dua hari saja.

“Enggak lama kok, hanya dua hari saja. Tapi memang hasilnya memuaskan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge