0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Yongki Afi Jadi Pemateri Diskusi, Peserta Minta Selfie

Yongki Afi saat mengisi diskusi di RS Triharsi Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)
Solo — Para peserta tampak antusias mengikuti acara diskusi kesehatan yang digelar oleh Rumah Sakit Triharsi Solo,  Sabtu (18/11). Dengan mengusung tema Diabetes Mellitus (DM), acara yang digelar sejak pukul 09.00 WIB tersebut banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan konsultasi masalah kesehatan.
“Akhir-akhir ini itu saya sering kencing dokter, apakah ini juga termasuk gejala dari penyakit Diabetes Mellitus? ” tanya salah seoarang peserta diskusi.
Menjawab pertanyaan tersebut, dokter spesialis penyakit dalam RS Triharsi, Warigit Dri Atmoko atau yang biasa disebut Yongki Afi dengan antusias memaparkan gejala seputar penyakit itu.
“Penderita DM memang  dapat diketahui melalui beberapa gejala awal,  seperti sering kencing,  mudah lapar,  mudah capek dan sebagainya. Untuk dapat memastikan itu, memang diperlukan diagnosa lebih lanjut. Sehingga belum bisa disimpulkan orang yang sering kencing pasti mengidap penyakit DM,” jelasnya.
Yongki juga menyampaikan, penyakit DM lebih disebabkan dari faktor keturunan dan pola hidup yang tidak sehat.  Sehingga untuk mengantisipasinya,  harus dilakukan kontrol lemak dan kolesterol.  Termasuk melakukan pola makan hidup sehat dan berolah raga.
“Selama masih dalam tipe dua, sebenarnya penyakit ini masih bisa dikendalikan. Yaitu dengan melakukan pola hidup sehat. Tapi kalau sudah masuk tipe satu atau fungsi pankreas sudah tidak normal tentu proses penanganannya lain, ” jelasnya.
Penyakit DM menurutnya cukup membahayakan. Pasalnya dapat mematikan jika penderita tidak dapat segera tertangani secara benar.
Dalam acara diskusi kesehatan itu,  suasana terpantau cukup meriah. Bahkan tak jarang, para peserta diskusi juga mengajak dokter jebolan audisi AFI tersebut untuk selfie.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge