0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peredaran Narkoba di Solo Mengkhawatirkan, Ini Faktanya

Kasatnarkoba Polresta Solo, Kompol Edy Sulistyanto (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ungkap kasus peredaran Narkoba di wilayah hukum Kota Solo mulai dari Bulan Januari hingga pertengahan September 2017 mencapai 146 kasus dengan total tersangka mencapai 165 orang. Jumlah tersebut melampaui sepanjang tahun 2016 yang hanya mencapai total 133 kasus dengan tersangka mencapai 159 orang.

“Artinya apa, peredaran Narkoba di tahun 2017 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Belum tutup tahun, jumlah ungkap kasus Narkoba sepanjang 2017 hingga bulan ini mencapai 146 kasus dengan total tersangka mencapai 165 orang. Dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi peningkatan. Padahal, untuk Bulan November dan Desember belum kita rekap secara keseluruhan,” terang Kasatnarkoba Polresta Solo Kompol Edy Sulistyanto kepada Timlo.net, Jumat (17/11) siang.

Tingginya ungkap kasus yang dilakukan oleh Satnarkoba Polresta Solo ini, kata Kasat, dipengaruhi beberapa faktor. Mulai dari makin gencarnya anggota Satnarkoba dalam melakukan pemberantasan kasus narkoba. Bisa juga, lantaran peredaran narkoba yang makin meningkat di Kota Bengawan.

Peredaran Narkoba di Kota Solo tergolong mengkhawatirkan. Pasalnya, terjadi peningkatan 30 persen tiap tahun. Dari data tersebut, pihak kepolisian juga gencar dalam melakukan sosialisasi, baik kepada masyarakat, pelajar maupun mahasiswa.

“Berbagai cara telah kita lakukan, mulai dari sosialisasi hingga tindakan tegas (penangkapan tersangka —Red). Akan tetapi, Narkoba terus tumbuh subur di masyarakat,” jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjutnya, butuh peran serta seluruh pihak. Mulai dari masyarakat, pemerintah daerah hingga aparat kepolisian. Dengan peran serta pihak-pihak terkait, diharapkan mampu memerangi Narkoba yang menyasar pada generasi muda Bangsa Indonesia.

“Peran serta masyarakat sangat kami harapkan untuk berperang melawan barang haram berupa penyalahgunaan Narkoba. Tanpa adanya peran serta masyarakat, narkoba akan terus tumbuh dan menghancurkan generasi muda bangsa,” tegas perwira melati satu tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge