0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Verifikasi Faktual, Sembilan Parpol Dinyatakan TMS

Mat Nawir (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sebanyak sembilan partai politik di Wonogiri tidak lolos atau tidak memenuhi syarat (TMS) dalam verifikasi vaktual. Karena jumlah keanggotaan yang terverifikasi faktual kurang dari 1.000 anggota. Sementara, lima parpol lainnya dinyatakan lolos dalam verifikasi tersebut.

“Sembilan parpol TMS yaitu PDI-P, Nasdem, Hanura, PKB, PSI, Gerindra, PAN, PPP, dan Garuda,” kata Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, Kamis (16/11).

Dia menyebut, jumlah total seluruh berkas keanggotaan yang TMS mencapai 6.010 anggota dari 14 parpol tersebut.

“Untuk lima parpol yang lolos, yaitu Partai Demokrat, Golkar, PKS, Perindo, dan Berkarya,” kata dia.

Dalam verifikasi vaktual tersebut, lanjutnya, dilakukan sebanyak tiga tahapan. Diantaranya tahapan penelitian administrasi syarat keanggotaan, kegandaan, dan ketidakpemenuhan syarat lantaran anggota TNI/ Polri/ PNS.

Berkas keanggotaan paling banyak TMS ditemukan pada saat penelitian administrasi syarat keanggotaan. Bahkan, banyak dokumen yang tidak sesuai, saat dilakukan kroscek di Disdukcapil, semisal ada anggota yang pakai KTP lama dan ada yang baik data diri di KTP dan KTA sama sekali tidak sama.

“Seperti PAN pada saat penelitian administrasi syarat keanggotaan yang lolos (MS) hanya 18 orang, sedang angka TMS paling banyak mencapai 1.462 dari 1.480 anggota. Bahkan, partai Garuda jumlah keanggotaan MS paling sedikit, karena tidak ada satu anggota pun yang MS dari total anggota 1.054 orang, ” jelasnya.

Mat Nawir menambahkan, dalam tahapan tersebut, pihaknya menemukan data kegandaan pada 217 anggota TMS. Tak hanya itu, ada 14 anggota parpol yang diketahui berasal dari unsur PNS/TNI/Polri.

“Kita berikan waktu dua pekan bagi sembilan parpol untuk memperbaiki berkas keanggotaan mereka, sebelum 1 Desember harus sudah dikirim,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge