0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Perusahaan China Tawarkan Pasokan Garam ke Indonesia

garam (merdeka.com)

Timlo.net – Sejumlah negara tertarik untuk melakukan ekspor garam ke Tanah Air. Seperti China yang terus berupaya bernegosiasi untuk menjadi pemasok garam di Indonesia.

“Sampai sekarang kami masih terus kontak dengan Indonesia,” kata Penyedia Pemasaran Zigong 9D Salt Industry Group Co Ltd, Xiao Yang, Kamis (16/11).

Yang mengaku pihaknya sudah lama melakukan negosiasi terkait harga dan volume garam dengan pihak Indonesia, namun sampai sekarang belum ada titik temu soal harga.

Menurutnya, harga yang ditawarkan perusahaannya sudah sangat kompetitif. Namun, Harga yang ditawarkan pemerintah Indonesia masih belum kompetitif dibandingkan dengan tawaran negara lain.

Dia menjelaskan, garam yang diproduksinya tidak berbeda dengan garam dari Australia yang sama-sama dihasilkan dari lokasi tambang.

“Tapi kami punya keunggulan budaya dan sejarah yang sangat panjang hingga saat ini kami masih terus memproduksi garam,” imbuhnya.

Zigong 9D Salt Industry Group yang berlokasi di pinggiran Kota Zigong itu mampu memproduksi hampir 4 juta ton garam per tahun. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri China, kelompok perusahaan yang sepuluh tahun lalu telah berubah status dari perusahaan milik negara menjadi swasta itu juga mengekspor garam ke Jepang, Taiwan, Vietnam, Malaysia, dan Jerman.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan menunjuk PT Garam (Persero) untuk melakukan impor garam sebanyak 75.000 ton. Langkah ini diambil karena stok garam dalam negeri mulai berkurang dan harga naik hingga dua kali lipat.

“Kami tugaskan PT Garam untuk melakukan importasi sebanyak 75.000 ton setelah melakukan berbagai pertimbangan, hasil duduk bersama antara kementerian yang di koordinasikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang produksi dalam negeri,” katanya di Jakarta, akhir Juli lalu.

[azz]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge