0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemensos Salurkan Bantuan Dana ke KUBE PKH

Acara penyerahan bantuan KUBE PKH dari Kemensos (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kementerian Sosial menyalurkan dana stimulan ke 1.094 keluarga kurang mampu yang tergabung di 109 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Karanganyar. Rinciannya, bantuan ke 79 KUBE dari sasaran Program Keluarga Harapan (PKH) dan 30 KUBE dari sasaran aspirasi anggota DPR RI Fraksi Golkar.

“Sumber pembiayaan dana sosial ini dari APBN tahun 2017. Mereka yang diusulkan mendapat bantuan dari aspirasi legislator maupun murni pendataan instansi pemerintah. Sasarannya ke kalangan pengusaha dengan kriteria keluarga kurang mampu. Tentunya, modal ini diandalkan mengembangkan usahanya agar lebih sejahtera. Berbagai macam jenis usaha seperti perikanan, warung, ternak dan sebagainya,” ujar Kepala Dinas Sosial Karanganyar, Agus Heri Bindarto di hadapan penerima bantuan di Gedung Wanita, Rabu (15/11).

Masing-masing penerima bantuan berhak membawa pulang Rp 2 juta. Total bantuan bersumber dana APBN 2017 ini Rp 2.188.000.000. Agus mengatakan, seluruh penerima lolos verifikasi administratif dan faktual. Dalam hal ini, Dinas Sosial dibantu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Hadir dalam kesempatan itu, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar, Endang Mariastuti, ikut menyerahkan secara simbolis bantuan Kemensos yang diinventarisasi dari pengajuan aspirasi wakil rakyat.

“Penerima bantuan KUBE dan PKH harus disahkan oleh dinas sosial melalui kroscek lapangan oleh pendamping. Tujuannya memberdayakan masyarakat kurang mampu supaya lebih mandiri. Bantuan ini tidak serta merta diberikan, namun terikat aturan pemerintah pusat,” kata Endang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge