0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puting Beliung Ngamuk, 27 Rumah Rusak

()

Sragen  – Puluhan rumah rusak akibat hujan deras disertai angin puting beliung yang terjadi pada Selasa (14/11) petang di Desa Brangkal, Kecamatan Gemolong, Sragen. Meski tidak terdapat korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Angin puting beliung terjadi di Dukuh Dukuh RT 05 dan RT 06 serta Dukuh Garas RT 10, Desa Brangkal, Kecamatan Gemolong, mengakibatkan kerusakan rumah warga, terutama genteng,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Dwi Sigit Kartanto, Rabu (15/11).

Setidaknya ada 27 rumah dan satu sekolah serta sebuah klinik yang rusak bagian atapnya lantaran diterjang puting beliung di desa tersebut. Selain itu sejumlah pohon juga bertumbangan. Warga bersama petugas BPBD, anggota Satpol PP, TNI dan Polri hingga Rabu siang masih melakukan gotong-royong membenahi atap yang rusak.

Kasi Trantib Kecamatan Gemolong, Sigit Wardoyo menjelaskan, sejumlah pohon yang tumbang di tengah jalan sudah disingkirkan agar tidak mengganggu pemakai jalan. Sedangkan rumah warga yang rusak juga sudah diperbaiki warga dengan dibantu anggota TNI, Polri Satpo PP dan anggota SH Terate.

”Kejadian ini saya sudah saya laporkan ke Camat dan Ibu Bupati dan selanjutnya akan segera ditindak lanjuti oleh yang bersangkutan,” jelasnya.

Sementara Kepala SD Negeri 1 Brangkal, Sri Susanti menyampaikan, atap gedung sekolah mengalami rusak parah lantaran gentengnya banyak yang kabur tersapu angin puting beliung. Untuk sementara untuk kegiatan belajar mengajar ditiadakan. Para pelajar bersama guru dikerahkan membersihkan ruang kelas dari kotoran yang masuk.

“Saya tidak akan meliburkan anak-anak, tapi mereka diminta untuk ngepel lantai dan membersihkan meja dan kursi yang kotor,” katanya.

Warga gotong-royong memperbaiki rumah yang terkena angin putting beliung di Desa Brangkal, Kecamatan Gemolong, Sragen

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge