0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini 2 Faktor Dominan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Aditia Mulya Ramdhani, (dok.timlo.net/achmad khalik)
Solo — Ujung tombak pencegahan Narkoba terdapat pada peran keluarga dan lingkungan. Dengan aktifnya dua peran tersebut, niscaya Narkoba tidak dapat berkembang disuatu wilayah.
“Intinya ada pada keluarga dan lingkungan yang peduli terhadap masyarakat dilingkungan tempat mereka tinggal,” terang Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Aditia Mulya Ramdhani, Rabu (15/11).
Sejauh ini, peran dari Polsek Pasar Kliwon dalam memerangi narkoba adalah dengan melakukan sosialisasi intensif terhadap masyarakat diwilayah hukun mereka. Tak jarang anggota Bhabinkamtibmas maupun Binmas Polsek Pasar Kliwon memberikan pengetahuan tentang bahaya barang haram yang mampu merusak generaai muda tersebut.
Disinggung terkait peran keluarga, Kapolsek mengaku, jika tiap keluarga selalu memperhatikan anggota keluarga mereka masing-masing maka pengaruh Narkoba yang biasanya datang dari luar tidak akan berkembang. Peran keluarga ini, sebagai salah satu deteksi dini untuk membendung pengguna Narkoba menyalahgunakan barang haram tersebut.
“Yang paling mengerti kan anggota keluarga. Jika diketahui ada anvgota keluarga yang menyalahgunakan Narkoba, hendaknya langsung diambil tindakan berdasar tingkat kecanduan yang dialami,” jelas Kapolsek.
Sedangkan, peran masyarakat dalam membendung pengaruh buruk Narkoba adalah saling mengamati dan menjaga jangan sampai ada diantara warga mereka yang melakukan penyalahgunaan narkoba.
“Memang susah untuk mengamati pengguna Narkoba meski ditingkat RT/RW tempat mereka tinggal. Tapi, pengaruh positif dari warga masyarakat tempat mereka tinggal mampu mencegah dampak negatit penyalahgunaan Narkoba.
Terkait makin maraknya penyalahgunaan narkoba di masyarakat, Kapoksek berpesan supaya masyarakat lebih waspada. Jangan sampai anggota keluarga atau sanak saudara maupun tetangga menyalahgunakan barang haram tersebut.
“Peran serta seluruh pihak sangat kita harapkan dalam menanggulangi Narkoba. Tentunya, kita semua tidak ingin jika anggota keluarga, teman atau tetangga menjadi budak narkoba. Selain merugikan diri sendiri juga berdampak pada keluarga yang masih mencintainya,” pesan Kapolsek.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge