0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

567 Pramuka Ikut Napak Tilas Joko Songo

Pelepasan peserta Napak Tilas Perjuangan Joko Songo. (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sebanyak 567 peserta napak tilas peringatan Perjuangan Jaka Sanga ke-22 bakal mengikuti kegiatan itu selama tiga hari, Rabu-Jumat (15-17/11). Mereka dari peserta didik SMA/SMK sederajat yang tergabung di Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar.

“Napak tilas yang berlangsung tiga hari ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti ceramah, lomba-lomba, petualangan bebas, pentas seni dan bakti sosial. Dalam Napak tilas kali ini juga akan memperebutkan piala bergilir Bupati Karanganyar, dimana tahun 2016 lalu SMA Karangpandan menjadi juara untuk regu putra sedangkan SMA Negeri 1 Karanganyar juara untuk regu putri,” ujar Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesra Setda Karanganyar Siti Maisyaroch kepada wartawan, Rabu (15/11).

Panitia membagi 567 orang itu dalam 62 sangga. Diharapkan, Napak Tilas Perjuangan Jaka Sanga memantik semangat pemuda Karanganyar meneladani kepahlawanan Jaka Sanga. Penting diketahui, monumen Joko Songo di Matesih didirikan untuk mengenang perjuangan sembilan pemuda yang gugur melawan penjajah di masa revolusi kemerdekaan. Dari nama yang tertulis di tugu, mereka adalah Lakstoto, Sukoto, Supriadi, Muryanto, Salman Hasyim, Sunarto, Slametto, Rusman Liliek, Suluh Drajat Al Sumardjo.

“Nyali dan keberanian Jaka Sanga dalam memperjuangkan kemerdekaan (menghadapi penjajah) patut ditiru. Dengan persenjataan penjajah yang lebih maju, dengan keyakinan dan Iman, mereka mampu menghalau penjajah,” Kata Juliyatmono menyemangati peserta Napak Tilas.

Bupati berharap pemuda Karanganyar mampu menyumbangkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat dilandasi keimanan dan kualitas berpikir yang positif serta fisik yang terjaga sehingga menimbulkan rasa percaya diri dalam menapaki masa depan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge