0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terganjal SDM, Separuh Jumlah BUMDes Tak Aktif

Pantai Sembukan yang dikelola BUMDes setempat (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Sebanyak 251 desa yang ada di Wonogiri, baru sekitar 90 desa telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Namun demikian, dari jumlah Bumdes itu, hanya separuhnya saja yang aktif menjalankan bisnisnya, lalu sisanya masih terganjal sumber daya manusia (SDM).

“Ada BumDes yang lama sudah dibentuk, bahkan sejak sebelum muncul atau disahkannya UUDesa, tapi justru bentukan setelah itu malah yang terlihat lebih semangat mengembangkan BumDes,” ungkap Kepala Dinas PMD melalui Kasi Pemberdayaan Lembaga Usaha Ekonomi Masyarakat, Sukalino, Selasa (14/11).

Menurut Sukalino, 89 BumDes reguler dan satu BumDes bersama tersebut dimiliki oleh 24 kecamatan, sedang satu kecamatan yaitu Kecamatan Giritontro hingga kini belum memiliki usaha tersebut.

Dalam setiap sosialisasi, pihaknya menyiapkan fasilitasi pembentukan BumDes di tiap-tiap desa. Saat ini, ada beberapa BumDes yang berprestasi cukup menonjol.

“BumDes itu bergerak dibidang usaha diluar usaha yang dimiliki pemerintah, kami juga menekan agar usaha yang dimiliki BumDes tidak usah muluk- muluk, yang simpel saja dan fokus, itu akan lebih baik,” terangnya.

Dari sekian BumDes yang ada di Wonogiri, bergerak pada berbagai bidang usaha, baik jasa, permodalan, pertanian, agribisnis dan wisata. Namun, rata- rata setiap BumDes memiliki permasalahan yang sangat komplek.

“Permasalahan yang dialami BumDes salah satunya soal SDM. Dimana mereka susah mencari pengurus yang benar- benar all out, dan juga jenis usaha. Tapi, tak kalah pentingnya lagi adalah suport dari Kades setempat juga sangat berperan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge