0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tindak Lanjuti Putusan MK, Pemkot Data Ulang Penghayat Kepercayaan

E-KTP (dok.timlo.net/nanin)

Solo – Pemerintah Kota Solo segera mendata ulang warganya yang menganut aliran kepercayaan. Hal ini diputuskan menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pencantuman aliran kepercayaan di Kolom Agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Terakhir tahun 2015 ada 20 kelompok penghayat kepercayaan. Tahun ini belum kita verifikasi lagi,” kata Kepala Bidang Kesenian, Sejarah, dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo, Maretha Dinar saat ditemui di kantornya, Selasa (14/11).

Menurut data Dinbud, jumlah warga penghayat kepercayaan di Solo mencapai 11.680 jiwa pada tahun 2015. Diyakini jumlah tersebut sudah berubah cukup signifikan mengingat angka penganut kepercayaan di Solo selama ini relatif dinamis.

“Ada yang keluar, ada yang masuk. Ada yang sudah tidak ada pengikutnya lagi,” kata dia.

Pendataan yang akan dilaksanakan, lanjutnya, meliputi pendataan jumlah kelompok dan anggota tiap kelompok. Data tersebut dibutuhkan untuk menindaklanjuti pengisian kolom agama di KTP.

Seperti diketahui, 7 November lalu, MK mengabulkan gugatan atas Pasal 61 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Pasal 64 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan yang mewajibkan mengisi kolom agama di Kartu Tanda Penduduk. Hal ini membuat para penganut kepercayaan bisa mencantumkan aliran kepercayaan di kolom agama saat membuat KTP.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge