0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setelah 32 Tahun, Solo Akhirnya Jadi Tuan Rumah MTQ Provinsi

Solo — Kota Solo didapuk menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Jawa Tengah ke-32. Pemerintah Kota berharap kegiatan yang digelar mulai 15-18 November itu berjalan lancar.

“Sesuai arahan Walikota, kita menargetkan sukses penyelenggaraan dan juga sukses prestasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, Senin (13/11).

Pemkot selaku panitia lokal sendiri sudah menyiapkan penyelenggaraan sejak beberapa bulan lalu. Bahkan acara tersebut sedianya diselenggarakan awal bulan ini. Event yang akan diikuti hampir 800 orang itu terpaksa diundur lantaran bersamaan dengan perhelatan pernikahan Anak Presiden Joko Widodo pekan lalu.

“Sejak awal bulan sebenarnya sudah siap. Apalagi ini diundur. Jadi lebih siap lagi,” kata dia.

Terkait perolehan juara, Etty mengakui selama ini prestasi Kota Solo memang kurang menggembirakan. Sejak MTQ pertama, Solo belum pernah sekali pun meraih gelar juara umum. Untuk itu, kali ini Pemkot ingin memperbaiki catatan tersebut.

“Apalagi sekarang kita jadi tuan rumah. Mudah-mudahan ini jadi faktor penyemangat agar lebih bersungguh-sungguh mengejar ketinggalan,” kata dia.

Persiapan Kota Solo sebagai peserta MTQ sendiri sudah dimulai sejak awal tahun ini. Sejak Maret lalu, Kantor Kementerian Agama Solo bersama Dinas pendidikan sudah menyelenggarakan seleksi di tingkat kecamatan. Seleksi diikuti siswa-siswi mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA.

“Kita sudah siapkan 22 peserta termasuk official,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge