0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPBD Siapkan Apel 1.500 Relawan Kebencanaan

Sukarelawan kebencanaan Karanganyar (ist)

Karanganyar — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar siap merapatkan barisan 1.500 sukarelawan guna menghadapi potensi bencana alam. Para sukarelawan ini berasal dari 23 organisasi yang tersebar di Karanganyar dan sekitarnya.

“Pada bulan ini, BPBD akan mengapelkan semuanya dalam rangka pembagian tugas. Masing-masing petugas sosial itu diminta komitmennya untuk memudahkan koordinasi dengan BPBD,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko kepada waratwan, Jumat (10/11).

Apel pasukan bermisi sosial itu pada bulan ini merupakan waktu paling tepat. Sebab, potensi bencana alam mengancam pada Desember-Januari, sesuai perkiraan curah hujan tinggi oleh BMKG. Selain itu, pengecekan peralatan kebencanaan merupakan bagian dari persiapan urgen.

Sejauh ini, BPBD intens mengingatkan pemangkasan pohon turus jalan yang rawan roboh serta beberapa kali dilakukan bersih sungai yang bertujuan meminimalisasi banjir.

Terkait antisipasi longsor, BPBD tak hanya mengandalkan early warning system (EWS) yang ditanam di perbukitan rawan longsor, namun juga para sukarelawan di lokasi tersebut. Instansi ini juga mengandalkan pos komando (posko) banjir dan longsor yang ada di sejumlah lokasi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge