0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelaku Kejahatan Makin Beringas, Begini Cara Polisi mengantisipasi

Anggota Unit Sabhara Polsek Laweyan menyambangi Pos Kamling di wilayah hukum Polsek Laweyan (ist/Humas Polsek Laweyan)

Solo — Pendekatan secara humanis dinilai lebih tepat untuk mengantisipasi segala bentuk kejahatan yang bakal terjadi. Mulai dari sosialisasi dengan bantuan Bhabinkamtibmas hingga pendekatan kepada sejumlah warga yang melakukan piket di pos ronda di kawasan yang dinilai rawan terjadi aksi tindak pidana.

“Kami lebih menekankan untuk pendekatan humanis, dibandingkan sikap represif untuk menghalau segala bentuk kejahatan yang terjadi di Kawasan Laweyan,” terang Kapolsek Laweyan, Kompol Santoso, Minggu (12/11) pagi.

Sepeti baru-baru ini yang dilakukan, pihaknya memerintahkan unit Sabhara yang dipimpin oleh Aiptu Bambang Tias menyambangi sejumlah Poskamling di Kawasan Kampung Mutihan RT 02/ RW 12 Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan. Dalam kegiatan tersebut, aparat memberikan himbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Warga juga dihimbau untuk selalu waspada dengan warga asing di lingkungan kampung, pengawasan tempat kos hingga waspada terhadap bentuk pencurian di rumah warga.

“Dengan keamanan yang ditingkatkan, tentu saja bentuk kejahatan pidana tidak akan terjadi di masuarakat,” terangnya.

Terkait sosialisasi terhadap warga, lanjut Kapolsek, lebih kearah sikap pre-entive masyarakat ditiap masing-masing kepala keluarga dalam mencegah kejahatan terjadi. Semisal, tidak memperlihatkan barang berharga yang mencolok di muka umum, maupun tidak lengah menaruh sepeda motor di halaman rumah dalam kondisi tidak terkunci.

“Kejahatan timbul karena ada kesempatan, maka dari itu jangan menciptakan kesempatan yang berakibat terjadinya kejahatan hingga merugikan diri sendiri,” jelas Kapolsek.

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan kejahatan yang terjadi saat ini. Jangan sampai, dengan kejahatan yang dilakukan oleh pelaku sampai mencederai diri (korban masyarakat) hingga berujung hilangnya nyawa.

“Maka dari itu, lebih baik mencegah kejahatan timbul, sebelum terjadi hal tidak diinginkan. Peran masyarakat dalam hal mencegah kejahatan terjadi juga sangat kami perlukan,” kata perwira melati satu tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge