0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Temuan Tulang di Kalijambe, BPSMP Sangiran Pastikan Tulang Kuda

Warga Desa Tegalombo, Kecamatan Kalijambe menunjukkan temuan tulang. (foto: Agung)

Sragen – Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran menyatakan temuan tulang oleh warga Dukuh Ngumbul, Desa Tegalombo, Kecamatan Kalijambe bukan merupakan tulang harimau. Dari hasil analisis yang dilakukan, benda tersebut merupakan tulang kuda.

“Temuan warga Kalijambe kemarin, dari hasil analisis sementara belum menjadi fosil dan tulang temuan tersebut analisis sementara hewan kuda,” kata Kepala BPSMP Sangiran, Sukronedi, Sabtu (11/11).

Pernyataan Sukronedi tersebut sekaligus mematahkan anggapan warga Dukuh Ngumbul, Desa Tegalombo, kalau tulang tersebut adalah tulang harimau.

Sukronedi menyampaikan, tim dari Sangiran sudah mengecek dan mengambil sampel di lokasi penemuan. Tulang tersebut diduga merupakan kaki depan kuda.

foto: Agung

Kuda sendiri hewan pendatang yang masuk sekitar 400 tahun lalu di kawasan Sangiran. Sedangkan untuk menjadi fosil membutuhkan proses cukup lama yakni 10 ribu tahun.

”Kalau fosil dari material organik menjadi material anorganik. Perkiraan sementara, ini bukan tulang harimau, tapi tulang kuda,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge