0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Kalijambe Temukan Tulang Diduga Harimau

Warga Desa Tegalombo, Kecamatan Kalijambe menunjukkan temuan tulang yang diduga dari harimau (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Warga Desa Tegalombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen digegerkan dengan penemuan benda aneh yang diduga merupakan tulang harimau Jawa. Pihak Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran masih akan melakukan penelitian terkait temuan tersebut.

”Ada di lorong selokan ada sesuatu yang janggal. Awalnya dikira batu, saat ditarik ternyata tulang. Kalau saya lihat mungkin tulang harimau, bagian kaki,” kata Suyitno (40), warga Dukuh Ngumbul RT 03, Desa Tegalombo, Kecamatan Kalijambe, Jumat (10/11).

Suyitno menuturkan, benda itu ditemukan pertama kali pada Kamis (9/11) oleh tetangganya, Maryono (34) yang melihat ada benda mencurigakan selokan kampung. Saat ditarik, bentuknya seperti tulang. Warga pun heboh dengan temuan tersebut.

Dia menyampaikan, tulang tersebut panjangnya sekitar 30 cm dan lebih besar dari tulang manusia. Lantaran penasaran Maryono terus menggali di sekitar lokasi penemuan awal untuk mengetahui lebih lanjut.

Namun penggalian sendiri sementara dihentikan pihak kepolisian. Hal tersebut untuk menunggu tim dari BPSMP melakukan penggalian.

Berdasarkan cerita warga sekitar, tulang tersebut diduga sejak abad 18. Konon kawasan itu menjadi kompleks rumah warga Belanda dan terdapat harimau.

”Dulu ceritanya ada harimau di situ,” ujarnya.

Kapolsek Kalijambe, AKP Marsidi membenarkan penemuan benda yang mirip tulang tersebut. Namun pihaknya belum bisa memastikan kalau tulang itu merupakan tulang harimau.

”Menunggu dari Sangiran dulu ke lokasi, meneruskan penggalian. Kita sementara belum bisa pastikan,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge