0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati Hari Pahlawan, Siswa SMA Ini Susun Mozaik Raksasa

Suasana siswa menyusun kertas (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Memperingati Hari Pahlawan, siswa dan siswi SMA Al Abidin Boarding School (ABBS) Solo menyusun lebih dari 1.000 lembar kertas ukuran A3 menjadi gambar sosok pahlawan nasional Indonesia, Sutomo, atau yang lebih dikenal dengan Bung Tomo.

“Aksi massal siswa-siswi SMA ABBS Solo dalam membuat mozaik raksasa tersebut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan,” ungkap guru Pembina OSIS SMA ABBS Solo, Doni Wahyu Prabowo, Jumat (10/11).

Doni menjelaskan, gambar Bung Tomo dipilih karena dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Bung Tomo adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA. Yang berakhir dengan pertempuran 10 Nopember 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Agar para siswa mengenal sejarah dan lebih mengenal sosok Bung Tomo sebagai tokoh pahlawan yang terkait erat dengan peringatan Hari Pahlawan ini,” jelasnya.

Menurut Doni, untuk membuat mozaik raksasa bergambar Bung Tomo berukuran 10 x 20 meter, digunakan sekitar 1.100 lembar kertas ukuran A3 yang diwarnai oleh lebih dari 500 siswa sekolah itu.

“Selain melibatkan siswa-siswi dari Kelas X dan Kelas XI, juga ada guru-guru yang ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge