0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semburan Lumpur Makin Tinggi, Warga Resah

Semburan lumpur di Balikpapan (merdeka.com)

Timlo.net — Warga Jalan Marsma R Iswahyudi, Kampung Beringin, Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan, dibikin was-was dengan semburan lumpur, yang sesekali mengeluarkan aroma belerang. Peristiwa itu sudah terjadi lima hari terakhir ini.

Sampai malam ini, lumpur masih menyembur hingga ketinggian 20 meter. Semburan terjadi sejak Senin (6/11) lalu tepat di area sebuah proyek apartemen, berdekatan dengan permukiman dan perumahan. Saat semburan pertama kali terjadi, sempat mengeluarkan api.

“Saat awal itu, ada apinya ikut menyembur. Sehari kemudian, Selasa, semburan lumpur sempat mengecil setinggi 1 meteran, tidak ada apinya. Tapi sekarang menyembur lagi,” kata warga setempat Octavianto, Kamis (9/11) malam.

Menurut Octavianto, sekitar pukul 16.45 WITA , titik semburan kembali menyemburkan material dari dalam tanah. Bahkan ketinggian sampai kurang lebih 20 meter.

“Kalau Rabu (8/11) kemarin, ketinggian semburan sekitar 3 meteran,” ujar pria yang juga Kasi Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kaltim-Kaltara.

“Tadi saya perhatikan dari teras rumah, lihat material menjulang tinggi dari tanah, ada sejenis pipa atau kayu, dan dengar suara semburan keras,” ungkapnya.

“Kalau dibilang khawatir, pasti khawatir ya. Seperti kejadian semburan yang sudah-sudah, dan jangan sampai terus mengeluarkan lumpur. Sesekali sempat tercium aroma belerang,” jelasnya lagi.

Tim BPBD Kota Balikpapan juga sudah meninjau lokasi semburan.

“Dari jajaran kelurahan Sepinggan Raya, ikut siaga di sini. Perlu segera dilakukan penanganan. Misal dari kantor Distamben, atau dari pihak terkait lainnya soal semburan ini,” kata dia.

Warga berharap pihak terkait segera melakukan penanganan agar tak terus membuat cemas.

[lia]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge