0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Aksi Siswa SD Peringati Hari Pahlawan

Siswa SD menggelar drama kolosal memperingati Hari Pahlawan (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Puluhan siswa SDN Joho II, Sukoharjo menggelar drama kolosal yang memperagakan perjuangan arek-arek Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan. Aksi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November agar anak-anak sejak dini tahu apa yang dilakukan pahlawan untuk merebut kemerdekaan.

“Ini adalah drama kolosal dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, dengan memperagakan kisah perjuangan di Surabaya di bawah kepemimpinan Bung Tomo. Agar anak-anak tahu sejarah dan pengorbanan dalam mempertahankan kemerdekaan yang dilakukan para pahlawan kita,” kata Kepala SDN Joho II Siti Rahayu, Kamis (9/11).

Aksi peringatan Hari Pahlawan ini diikuti sekitar 68 siswa dari kelas V dan VI memainkan perannya masing-masing selama kurang lebih 15 menit. Mengisahkan pasca kemerdekaan di Surabaya datang pasukan Sekutu yang mengusir warga, namun tidak selang lama pasukan sekutu berhasil digempur rakyat.

Pembentukan karakter anak dengan kegiatan drama kolosal seperti ini dinlai lebih efektif dibandingkan dengan materi pelajaran di kelas. Tidak hanya itu, SDN Joho II juga sering melakukan aksi yang cukup unik adlam rangka perinagatn hari besar lainnya yang bertujuan untuk membentuk karakter anak dan melatih kepekaan dan kepedulian.

“Intinya yang kita tanamkan adalah pendidikan karakter kepada siswa dan kreativitas semacam ini sering kita lakukan di tiap peringatan hari besar lainnya. Siswa lebih mudah menerima dibanding ‎dengan bercerita di dalam kelas,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge