0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembukaan Tol Kurangi Kepadatan Lalu Lintas di Solo

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan berat masuk ke jalur tol di Ngasem, Colomadu, Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Penggunaan sementara jalur tol Solo-Kertosono (Soker) selama prosesi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, efektif mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Solo, terutama di rute steril menuju tempat resepsi di Gedung Sabha Buwana, Sumber, Banjarsari.  Jenis kendaraan bermotor penyumbang kemacetan dari arah Semarang dan Yogyakarta ke Surabaya diarahkan masuk pintu tol di Ngasem, Colomadu, Karanganyar dan keluar ke Pungkruk, Sragen. Jalur tol ini dibuka dua arah.

“Cara ini efektif mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Solo sampai 40 persen. Terlebih, diberlakukan pengalihan arus di Kota Solo karena di wilayah Banyuanyar tempat penyelenggaraan resepsi harus steril,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah kepada Timlo.net, Rabu (8/11).

Jenis kendaraan penyumbang kemacetan seperti bus pariwisata dan truk menjadi sasaran pengalihan arus. Petugas di pintu tol tersebut juga mengarahkan mobil pribadi melewati jalur fungsional itu. Ahdi tak menampik masih dilakukan pengerjaan fisik dari PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selama pembukaan tol Soker. Untuk mengantisipasi kerawanan, petugas kepolisian dari Boyolali, Sragen dan Karanganyar ditugaskan jaga.

Lebih lanjut dikatakan, kepolisian sengaja tidak merekomendasi pembukaan pintu tol di Klodran, Colomadu, Karanganyar. “Kalau Klodran dibuka untuk lalu lintas keluar masuk tol, maka dimungkinkan terjadi kepadatan di Jl Adi Sumarmo yang akan merembet ke lokasi resepsi di Banyuanyar. Termasuk di jalur vital wilayah Nanasan,” katanya.

Adapun pemberlakuan jalur fungsional tol Soker dimulai Rabu (8/11) pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Ahdi mengatakan, jalur itu kemungkinan dibuka lagi pada Kamis (9/11) mulai 06.00 WIB dengan pertimbangan wilayah Kota Solo masih macet akibat arus balik tamu undangan pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge