0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waymo, Perusahaan Pertama yang Uji Mobil Otomatis Tanpa Sopir Manusia

Waymo. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Ada banyak perusahaan yang menguji mobil otomatis di Amerika Serikat (AS) dan tempat lain. Akan tetapi di dalamnya selalu ada sopir manusia di belakang kemudi. Sopir itu akan mengambil alih jika terjadi kesalahan. Perusahaan mobil otomatis milik Alphabet, Waymo menjadi perusahaan pertama yang menguji mobil tanpa sopir tanpa manusia di dalamnya di AS.

CEO Waymo John Krafcik mengungkapkan jika perusahaan itu menguji mobil otomatis tanpa sopir manusia itu di jalanan umum di Arizona, AS sejak pertengahan Oktober 2017. Dia mengungkapkan hal ini dalam sebuah konferensi di Lisbon, Portugal baru-baru ini.  Perusahaan itu sekarang berencana mengundang orang menaiki mobil otomatis itu. Pengalaman ini tentunya menjadi pengalaman yang menegangkan bagi seseorang yang tidak pernah naik mobil tanpa sopir.

Sekalipun diuji tanpa sopir manusia, tetap ada seorang pegawai Waymo di dalam mobil, tulis Ubergizmo. Tapi pegawai itu tidak duduk di kursi sopir. Mungkin dia duduk di bagian belakang mobil. Sekalipun diuji di jalanan, tapi area uji coba dibatasi. Mobil itu hanya bisa berkendara dengan radius 100 mil persegi dari wilayah Chandler, di pinggiran Phoenix, Arizona. Waymo pada akhirnya akan mengembangkan wilayah uji coba saat mereka sudah memperoleh cukup data dan terus memperbaiki sistem. Hanya mereka yang menjadi anggota program Early Rider Waymo yang akan diizinkan untuk naik mobil itu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge