0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

GoPro Tertutup Lahar Tapi Tetap Berfungsi

gopro.
GoPro. (Dok: Timlo.net/ GSM Arena.)

Timlo.net—Kamera GoPro memiliki reputasi sebagai kamera yang kuat dan kasar. Kamera GoPro bisa digunakan dalam situasi ekstrim. Kita sudah melihat kamera itu digunakan dalam berbagai kegiatan olahraga ekstrim, dijatuhkan, ditenggelamkan ke bawah air. Walaupun demikian, kamera itu bisa selamat. Tapi bisakah GoPro selamat setelah dilempar ke dalam lahar?

Ternyata jawabannya adalah ya, tapi Ubergizmo tidak merekomendasikan hal itu. Erik Storm, pemilik dan pemimpin pemandu Kilauea EcoGuides di Hawaii, Amerika Serikat pernah mencoba hal ini satu setengah tahun lalu. Saat itu dia sedang memandu tur saat dia menaruh GoPro di antara celah-celah batu. Dia ingin merekam aliran lahar. Dia mengaku jika aliran lahar itu pada akhirnya menutupi GoPro miliknya sepenuhnya. Bahkan kamera miliknya itu terbakar.

“Saya menceritakan bagaimana lahar cair benar-benar menutupi GoPro saya dan kamera itu terbakar. Saya menggunakan palu batu geologi untuk mengeluarkannya dari lahar dan berpikir jika kamera itu rusak,” ujar Erik kepada PetaPixel.

Akan tetapi sekalipun tertutup lahar, terbakar dan berada di suhu yang ekstrim (mungkin di atas yang disarankan GoPro), kamera itu terus berfungsi. Dia mengeluarkan kartu SD dari GoPro dan menemukan konten di dalamnya masih utuh. “Kamera itu bahkan masih bekerja walaupun tidak sebaik sebelumnya. Benar-benar luar biasa bagaimana kamera itu selamat!” ujarnya. Jika Anda ingin melihat rekaman video GoPro ditutupi lahar cair, lihat hasil video rekaman Erik di bawah ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge