0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Buka Portal Tentang APBD

laman http://e-budget.surakarta.go.id ()

Solo — Pemerintah Kota Solo kembali membuat terobosan untuk meningkatkan transparansi. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) Kota Solo belum lama ini membuka portal yang bisa diakses masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Sudah sekitar tiga mingguan ini kita buka. Masyarakat bisa mengakses melalui alamat  http://e-budget.surakarta.go.id,” kata Kepala Seksi Informatika, Diskominfo-SP Kota Solo, Taufan Regina, Selasa (7/11).

Di laman utama, masyarakat bisa memilih tahun anggaran yang ingin dilihat. Selanjutnya, pengakses laman bisa melihat sajian alokasi APBD dan pemanfaatannya dalam bentuk grafik yang mudah difahami. Dengan cara penyajian seperti ini, pengakses bisa dengan mudah melihat pos anggaran mana yang mendapat jatah anggaran paling banyak. Sayangnya, untuk saat ini portal tersebut baru bisa menampilkan APBD tahun 2017 dan 2018.

“Kita baru punya data dua tahun itu. Tahun-tahun sebelumnya kan belum pakai sistem online,” kata dia.

Data yang disajikan laman itu pun cukup detil. Masyarakat bisa mengetahui alokasi anggaran mulai dari level Organisasi Perangkat Daerah hingga unit terkecil seperti sekolah dan kelurahan. Hanya saja, Diskominfo-SP tidak memasukkan data dari pos Belanja Tidak Langsung dari APBD. Hal itu dilakukan lantaran belanja tidak langsung hanya berisi gaji PNS.

Namun Diskominfo-SP memberikan fitur tambahan berupa informasi hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Warga bisa menelusuri status usulan yang disampaikan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) hingga Kota (Musrenbangkot). Fitur itu bisa diakses dengan memilih menu data Musrenbangkel atau Musrenbangcam.

“Masyarakat bisa melihat usulan apa yang di diterima usulan apa yang ditolak termasuk alasan penolakannya,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge