0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hangestibumi Maskarebet Menuju Desa Budaya

Malam puncak Hangestibumi Maskarebet di Lapangan Mas Karebet, Kecamatan Masaran, Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Desa Kerebet, Kecamatan Masaran, Sragen berkomitmen untuk mewujudkan desanya menjadi salah satu desa budaya di Kabupaten Sragen. Hal ini dibuktikan dengan upaya yang dilakukan dengan menggelar tiga even bertema budaya lokal pada akhir Oktober hingga Awal November lalu yang diberi titel Hangestibumi Maskarebet.

“Tiga even budaya sengaja kita gelar, dari workshop potensi budaya lokal, festival dolanan anak hingga pelestarian bulus,” kata Kepala Desa Kerebet, Anggun Mahardika, Senin (6/11).

Kepada Timlo.net, Anggun menyampaikan, Hangestibumi Maskarebet ini adalah pertama kali diadakan dengan tujuan untuk mengangkat kembali budaya jaman dulu yang sekarang sudah mulai dilupakan. Pihaknya menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta untuk menggelar rangkaian pertunjukan budaya.

Selain tiga even tersebut, sebagai puncak gelaran budaya, Anggun menggelar Festival Bambu dan tari-tari kerakyatan serta etniq fashion show yang diperagakan para mahasiswa ISI Surakarta pada Sabtu (4/11) malam lalu. Kegiatan itu menurutnya sebagai komitmen warga untuk mewujudkan branding Desa Kerebet sebagai desa budaya.

“Dengan budaya akan menjadikan warga lebih raket, guyub rukun, semangat gotong royong terjaga,” jelasnya.

Dalam acara puncak Hangestibumi Maskarebet tersebut ditampilkan tarian kerakyatan dari ISI dengan memperagakan Tari Marungan Langger dan Tari Jejer Jaran Dhawuk. Tidak mau ketinggalan, penari dari Argentina dan Mexico juga ikut memeriahkan acara ini.

Anggun mengatakan, dengan berbagai even tersebut perekonomian warganya bakal terangkat. Pasalnya warga juga memperkenalkan berbagai kuliner yang bisa dinikmati para pengunjung yang datang dari berbagai wilayah di Sragen.

“Ini bagian dari ekonomi kreatif untuk meningkatkan ekonomi warga kami,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge