0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

158 Siswa SD Muh 1 Belajar Kerajinan Rotan

Siswa diajak membuat kerajinan rotan (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Sebanyak 158 Siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta melakukan kegiatan Pembelajaran Pengenalan Lingkungan (PPL) Semester Gasal tahun 2017. Mereka berkunjung ke Desa Wisata Rotan Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Senin (6/11).

“Kegiatan ini sebagai sumber inspirasi sekaligus belajar membangun jiwa enterprenership atau kewirausahaan sejak dini,” jelas M Eksanto SPd, salah satu guru kelas V SD Muhammadiyah 1 Solo kepada wartawan.

Dalam PPL ini, kata Eksanto, siswa belajar bagaimana mengolah, dan memasarkan produk ke khalayak atau masyarakat sehingga mampu mengajarkan kepada anak-anak secara nyata tentang berwirausaha, mengolah bahan baku mentah menjadi barang yang bernilai ekonomis, mengelola usaha sendiri, menciptakan lapangan pekerjaan  di daerah tempat tinggal, dan melatih kesabaran.

Dalam kunjungan ini, siswa diajak berkeliling di desa wisata tersebut. Mereka didampingi guru. Siswa dikenalkan berbagai produk kerajinan rotan dan cara pengolahannya. Terakhir, siswa diajak untuk belajar membuat kerajinan dari rotan. Hasil karya yang dibuat siswa menjadi souvenir yang bisa dibawa pulang.

Sementara itu, Kepala Sekolah, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Sri Sayekti, SPd, MPd mengemukakan, adanya kegiatan Pembelajaran Pengenalan Lingkungan (PPL) ini diharapkan siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mampu belajar banyak hal dan akan memiliki nilai-nilai positif seperti sikap  kejujuran, kemandirian, saling menghargai, persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat. Menumbuhkan semangat rasa memiliki bukan hanya tugas dari siswa saja.

“Namun juga seluruh pihak memiliki tanggungjawab untuk itu.  Dan mencintai produk dalam negeri, dapat dilakukan melalui kegiatan praktik baik salahsatunya melalui ketrampilan dalam menganyam,” kata Kepala Sekolah, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge