0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kota Berhantu di Tengah Lautan Ini Buat Para Ilmuwan Bingung

Nan Madol. (dok: timlo.net/ metro.co.uk)

Timlo.net—Sebuah kota kuno dan misterius mengambang di tengah Samudera Pasifik membuat para ahli kebingungan. Teknologi baru membuat para arkeolog bisa menjelajahi reruntuhan kota bernama Nan Madol itu sepenuhnya. Sebelumnya kota itu tidak bisa diakses karena letaknya yang terpencil.

Kota aneh itu ditemukan di pesisir Kepulauan Ponhpei, Mikronesia. Nan Madol terdiri dari 97 kompleks raksasa yang geometris yang dibangun di atas sebuah danau. Kepulauan itu dipisahkan oleh saluran air kecil dan dilindungi oleh dinding laut, tulis Metro.co.uk. Banyak orang membandingkan kota itu dengan Kota Atlantis yang hilang. Program televisi Science Channel “What on Earth” membahas kota itu.

Arkeolog Dr. Patrick Hunt berkata kepada program itu, “Kenapa seseorang membangun kota di tengah lautan? Kenapa di sini, jauh sekali dari peradaban yang dikenal?” Nan Madol sendiri berarti ruang di antaranya. Misteri kota itu membuat para ahli kebingungan. Penjelajah George Kouronis berkata, “Ada sesuatu yang aneh terjadi di pinggiran kepulauan Ponhpei Mikronesia. Ada pulau-pulau kecil yang berjumlah sekitar 100 dengan bentuk serupa dan geometris. Alasannya? Tidak begitu jelas.” Foto-foto satelit dari program TV itu menunjukkan jika kota itu terpencil. Jaraknya dari Los Angeles, Amerika Serikat sekitar 2500 mil dan dari Australia sekitar 1600 mil.

Diperkirakan jika kota itu dulu dihuni oleh ras kuno yang tidak begitu dikenal. Kemungkinan ras itu hidup pada abad pertama atau kedua. Arkeolog Dr. Karen Bellinger berkata, “Walaupun sisi ini terlihat luar biasa dari foto satelit, bisa melihat bagian bawahnya lebih menakjubkan. Ada tembok setinggi 25 kaki dan setebal 17 kaki.”

George berkata jika ada kabar jika kota itu berhantu. “Nan Madol memiliki reputasi sejarah sebagai tempat berhantu. Beberapa orang bahkan menyebutnya sebagai kota hantu,” ujarnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge