0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Pemicu Naiknya Pertumbuhan Ekonomi RI

ilustrasi rupiah (Timlo.net/redaksi)

Timlo.net – Pertumbuhan ekonomi Indonesia naik sebesar 5,06 persen pada triwulan III tahun 2017 ini. Angka tersebut lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2017 yang hanya 5,01 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan, pertumbuhan ekonomi ini dipacu oleh adanya perbaikan ekonomi global, khususnya meningkatnya perekonomian di negara-negara maju.

“Perekonomian global juga meningkatkan menggembirakan,” ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Senin (6/11).

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi mitra dagang seperti China yang meningkat sebesar 0,1 persen dari 6,7 persen menjadi 6,8 persen.

“Kemudian yang kedua, ekonomi Amerika Serikat tumbuh menguat di triwulan III-2016 sebesar 1,5 persen jadi 2,3 persen,” katanya.

Selain itu, peningkatan pertumbuhan ekonomi paling tinggi terjadi di Singapura. Pertumbuhan ekonomi Singapura pada Triwulan III-2016 mencapai 1,2 persen menjadi 4,6 persen di Triwulan III-2017.

Selain perbaikan ekonomi global juga berpengaruh terhadap peningkatan harga-harga komoditas, yaitu batu bara, kopi dan kelapa sawit. Tentunya, hal ini juga berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia.

“Jadi ini akan berpengaruh ke ekonomi Indonesia,” jelas Suhariyanto.

[azz]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge