0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Virtual Reality Bisa Dipakai Untuk Rawat “Phantom Pain”

Xiaomi Mi VR Play. (Dok: Timlo.net/ Phone Arena. )

Timlo.net—Teknologi virtual reality (VR) sepertinya menjadi alat yang hebat untuk tujuan hiburan seperti menonton film, bermain game dan lain-lain. Akan tetapi para peneliti di the École polytechnique fédérale de Lausanne, Swiss menemukan potensi menggunakan VR untuk merawat “phantom pain”.

“Phantom Pain”, menurut Mayo Clinic adalah perasaan sakit dari anggota tubuh yang sudah tidak ada lagi. Para dokter awalnya percaya jika fenomena yang terjadi pasca amputasi ini adalah masalah psikologis. Tapi sekarang dokter mengenali jika rasa sakit itu nyata dan berasal dari saraf tulang belakang dan otak, tulis Ubergizmo.

Untuk penelitian itu, para peneliti memberikan beberapa pasien kacamata VR. Kacamata itu menunjukkan siaran langsung kamera merekam sepasang kaki palsu. Kamera itu juga meniru sudut pandang orang pertama dalam hubungannya dengan kakinya. Jadi kaki palsu itu dimaksudkan untuk meniru kaki asli pada pasien.

Para peneliti lalu menyentuh kaki dan wilayah di atas luka tulang belakang yang disebabkan oleh cidera. Hal ini dilakukan hingga pasien merasa kakinya sendiri disentuh. Para pasien mengaku jika sensasi itu menolong mengurangi rasa sakit neuropathic yang mereka rasakan. Tim peneliti sekarang mengembangkan sebuah sistem terapi yang menolong merawat pasien dengan luka tulang belakang dan rasa sakit kronis.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge