0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masyarakat Diajak Aktif Awasi Jalannya Pemilu

Rakor Pengawasan Pemilu Partisipatif (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Masyarakat turun andil dalam mengawasi jalannya pemilihan umum (pemilu). Panwaslu menjamin seluruh laporan dan aduan dari publik bakal ditindaklanjuti. Dulunya, hasil pengawasan Panwas, entah itu pelanggaran administratif seperti apa, hanya dilaporkan ke KPUD.

“Kita tidak tahu itu mandek atau dilanjutkan. Sekarang Panwas memiliki kewenangan mahkota. Rekomendasi atas hasil pengawasan wajib dijalankan karena bersifat final dan mengikat. Kami mengajak masyarakat ikut aktif mengawasi jalannya Pemilu,” kata Ketua Panwaskab Karanganyar, Kustawa Esye kepada wartawan di sela Rakor Pengawasan Pemilu Partisipatif di Jawa Dwipa Karangpandan, Kamis (2/11).

Panwas menyiapkan formulir pengaduan yang diisi masyarakat selaku pelapor. Pengaduan laporan itu bisa ke Panwascam maupun Panwaskab.

“Sejak dilaporkan sampai 12 hari setelahnya, harus ada putusan,” katanya.

Dalam forum tersebut, Panwaslu mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan Ormas, organisasi kepemudaan, PGRI dan lainnya. Dalam hal ini, panwaskab ingin semua mengetahui fungsi pengawasan pemilu tidak hanya oleh petugas Panwas saja namun juga masyarakat umum.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge