0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jamur Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Jamur kancing putih. (dok: timlo.net/ thejakartapost.com)

Timlo.net—Mereka yang ingin menurunkan berat badan bisa mencoba memasukkan jamur dalam menu makanan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Appetite” edisi Oktober menyatakan jika jamur memiliki efek mengenyangkan setara dengan daging. Efek ini bisa dicapai jika jumlah proteinnya keduanya sama.

Menurut EurekAlert, penelitian itu bermaksud mengukur perbedaan dalam efek kenyang saat orang makan 226 gram jamur kancing putih dan 28 gram daging. Joanne Slavin PhD. RD., pemimpin penelitian dan profesor Universitas Minnesota, Amerika Serikat (AS) berkata, “Beberapa penelitian sebelumnya pada jamur menyatakan jika mereka bisa lebih mengenyangkan dibandingkan daging; efek ini belum diteliti dengan jumlah protein yang sama hingga sekarang.”

Para peneliti melibatkan 17 wanita dan 15 pria dalam studi selama 10 hari. Mereka diberi menu makanan berupa dua saji jamur potong atau daging sapi. Keduanya memiliki jumlah protein dan kalori yang sama. Mereka yang makan sarapan jamur kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit untuk jam berikutnya. Hasilnya berbeda dengan mereka yang makan daging. Terutama dalam tingkat rasa kenyang. “Penelitian baru ini menambahkan bukti baru jika jamur bisa menolong manajemen berat badan dan kekenyangan dan oleh karena itu berkontribusi dengan kesejahteraan secara keseluruhan,” kata Mary Jo Feeney, kordinator peneliti nutrisi Mushroom Council, sebuah organisasi produsen jamur segar di AS.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge