0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Amien Rais kembali Minta PAN Keluar dari Pemerintahan Jokowi

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dikenal galak mengkritik pemerintahan Jokowi-JK. Tak segan-segan mantan ketua MPR ini mengkritik kebijakan Jokowi-JK jika dinilainya tidak baik.

Kemarin, pria yang dulu dijuluki sebagai Bapak Reformasi itu kembali meminta PAN, partai yang didirikannya di masa awal Reformasi, keluar dari koalisi pendukung Jokowi-JK. Pernyataan itu diungkapkan Amien menanggapi komentar Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) yang menilai PAN tak etis menolak Perppu Ormas Nomor 2 Tahun 2017 disahkan menjadi Undang-Undang (UU). Menurutnya, memang sudah sebaiknya PAN keluar dari oposisi partai pemerintah.

“Yang betul Pak JK, sebaiknya PAN keluar (dari oposisi pemerintahan). Karena akan jadi beban sejarah. Kalau tidak keluar, PAN akan dikenal sebagai partai yang lahir dari rahim reformasi tapi ujung-ujungnya pendukung negara yang meladeni kepentingan pengembang, bukan rakyat,” kata Amien di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta    Pusat, Kamis (2/11) kemarin.

PAN memang kerap berseberangan dengan koalisi dan pemerintahan Jokowi-JK. Padahal, partai berlambang matahari itu merupakan bagian dari koalisi pendukung Jokowi-JK.

Partai yang identik dengan warna biru itu tercatat dua kali berbeda sikap dengan koalisi partai pendukung pemerintah soal isu strategis di DPR. Dua perbedaan itu yakni soal Rancangan Undang-undang Pemilu terkait presidential threshold dan pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) No 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

Lebih lanjut, Amien mengatakan, jika PAN tidak keluar dari koalisi pemerintah akan memikul dosa rezim pemerintahan, serta berpedoman untuk menjalankan kepentingan pengembang.

“Ikut memikul dosa rezim ini yang menjadi pelaksana reklamasi, Meikarta, dan lain-lain dan tidak berpikir untuk kepentingan bangsa tapi pengembang,” katanya.

Tak cuma kali ini Amien Rais meminta PAN untuk keluar dari koalisi Jokowi-JK. Pada Minggu (23/7) lalu, Amien juga sempat melontarkan pernyataan agar PAN bersikap tegas atas pemerintahan Jokowi-JK, salah satunya dengan menarik kader PAN yang berada di lingkaran kabinet kerja.

Pernyataan itu disampaikan Amien Rais usai menghadiri halal bihalal di Pondok Pesantren Al-Ishlah, Bondowoso. Dalam acara tersebut, hadir pula Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Amien menginginkan Asman Abnur mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

“Saya usul supaya Asman Abnur segera keluar dari kabinet. Titik,” tegas Amien Rais saat itu.

Amien mengatakan, PAN harus menentukan sikap politik untuk tidak berkoalisi dengan pemerintah yang berkuasa saat ini. Pernyataan ini menanggapi sikap partai pendukung pemerintah yang menginginkan PAN dikeluarkan dari koalisi lantaran kerap berseberangan dengan keinginan pemerintah.

“Koalisi dengan rakyat,” kata Amien. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge