0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

7 Tahun Erupsi Merapi

Forum Wartawan Boyolali Gelar Lomba Poster

Wakil Bupati Said Hidayat berbaur dengan peserta lomba mewarnai memperingati Erupsi Merapi Tujuh Tahun (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Memperingati tujuh tahun Erupsi Merapi, Forum Komunikasi Wartawan Boyolali (FKWB) menggelar lomba poster di Pendopo Ageng, Komplek Perkantoran Pemkab Boyolali, Kamis (2/11). Lomba poster diikuti siswa SMP, SMA /SMK.  Sedangkan lomba menggambar diperuntukkan bagi siswa TK dan PAUD.

“Untuk yang lomba poster dikerjakan di rumah, setelah jadi baru diserahkan ke panitia,” kata panitia, Gunawan.

Untuk karya peserta lima besar, dipajang saat pameran. Sedangkan untuk penilain, pihaknya melibatkan tim juri dari luar. Sedangkan untuk pemenang mendapatkan piala bupati.

Sementara itu, di sela-sel lomba, panitia juga menceritakan tentang Gunung Merapi. Termasuk kejadian saat Erupsi Merapi 2010 lalu. Diceritakan, dalam bencana Merapi, ribuan warga harus mengungsi. Selain itu, roda perekonomian warga yang tinggal di Lereng Merapi terganggu.

Seiring berkembangnya waktu, roda perekonomian warga mulai membaik. Bahkan, Gunung Merapi kini masin bersahabat. Sejak letusan tahun 2010 silam, masyarakat terus berusaha bangkit memulihkan infrastruktur yang rusak dan perekonomian yang tersendat.

“Tradisi gotong royong masih kental di masyarakat Merapi, mereka saling bahu membahu untuk mengembalikan kondisi,” imbuhnya.

Akhirnya, berkat peran serta Pemerintah dan masyarakat yang bersinergi, infratruktur jalan mulai dibangun halus, objek wisata mulai tertata rapi, berbagai kegiatan yang berbau budaya juga menggeliat, dan even-even lainnya yang menunjang perekonomian di wilayah Merapi.

“Kearifan lokal bisa menjadi icon bagi Boyolali,” ujarnya.

Wakil Bupati Boyolali Said Hidayat, sangat mengepresiasi lomba yang diadakan Forum Wartawan Boyolali. Diharapkan kegiatan ini, bisa membuka kesadaran masyarakat tentang Boyolali. Dimana dulu berbahaya, kini bersahabat.

“Tanah yang subur dengan pemandangan alam yang alami menjadi daya tarik wisata,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge