0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Cara Pemkot Solo Tingkatkan Pendapatan Pajak

Walikot Solo FX Hadi Rudyatmo bersama Direktur Ritel Banking Bank Mandiri, Tardi usai penandatanganan kesepakatan antara Pemkot Solo dengan Bank Mandiri untuk menerapkan ePajak (dok.timlo.net`ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo memperluas penerapan e-pajak dengan merangkul Bank Mandiri. Penandatanganan kerja sama antara Pemkot Solo dan Bank Mandiri tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Dengan tambahan rekanan ini mudah-mudahan pelayanan yang kita berkan kepada masyarakat akan betul-betul dinikmati manfaatnya oleh masyarakat,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat memberi sambutan dalam acara Signing Ceremony dan Launching ePajak Pemkot Solo dan Bank Mandiri, di Rumah Dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Kamis (2/11).

Rudy –sapaan akrab Walikota Solo,  berharap dengan diperluasnya ePajak kepada nasabah Bank Mandiri, masayarakat akan semakin mudah dalam menunaikan kewajibannya. Warga cukup menggunakan telepon seluler maupun mesin ATM untuk membayar pajak. Tanpa harus repot mengurus ke kantor kelurahan.

Ke depan, kemudahan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan Solo dari sektor pajak. Pasalnya, tak sedikit warga yang terlambat membayar pajak karena tak mau repot. Sistem ePajak yang meminimalisir campur tangan petugas ini juga ditujukan untuk meningkatkan efisiensi sumber daya manusia, selain tentunya juga meningkatkan kepercayaan masyarakat pembayar pajak.

“Jadi masyarakat bener-bener yakin uangnya masuk ke kas negara. Tidak diselewengkan petugas,” kata Rudy.

Sementara itu, Direktur Ritel Banking Bank Mandiri, Tardi mengatakan dengan adanya berbagai kemudahan, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak diharapkan bisa meningkat. Pemerintah pun bisa menyajikan laporan keuangan yang transparan karena transaksi yang dilakukan melalui sistem ePajak langsung terpantau secara real time.

“Ke depan, pendapatan Pemerintah bisa meningkat sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat,” kata Tardi.

ePajak  diluncurkan pertama kali di Solo akhir Mei 2017 lalu dengan merangkul Bank Jateng dan bank-bank milik pemerintah. Ke depan, pembayaran ePajak akan terus diperluas sehingga PBB bisa dibayarkan melalui seluruh bank yang ada.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge