0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berdayakan Ekonomi, Ibu- Ibu Rumah Tangga Ini Deklarasikan Desa Damai

Plt Bupati Klaten Sri Mulyani menerbangkan balon sebagai tanda dikukuhkannya Desa Damai (timlo.net/awijaya)

Klaten — Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan ditahbiskan sebagai Desa Damai oleh Wahid Foundation. Pasalnya, desa yang memiliki ribuan jiwa penduduk dengan beragam keyakinan ini kokoh menyemai nilai-nilai perdamaian.

“Kami menyadari, perdamaian itu hal yang sangat penting dalam laku kehidupan. Di Nglinggi, jumlah penduduk 2.458 jiwa itu datang dari berbagai macam perbedaan dan keyakinan. Tapi hingga sekarang tetap bersatu, saling menerima, dan hidup berdampingan dengan penuh damai,” ujar Kepala Desa (Kades) Nglinggi Sugeng Mulyadi, Rabu (1/11).

Sejalan dengan misi Wahid Foundation, para perempuan di Nglinggi dilibatkan melalui program pemberdayaan. Mereka menjadi duta perda lewat lewat pembentukan kelompok usaha kecil menengah (UKM) sejak pertengahan tahun ini.

Menurut Sugeng, sebanyak 14 kelompok didampingi oleh Wahid Foundation. Masing-masing kelompok terdiri 17-20 anggota yang seluruhnya merupakan ibu rumah tangga. Mereka didampingi dari hulu sampai hilir, pembuatan produk hingga pemasaran.

“Ada yang bikin telur asin, abon ayam, abon sapi, abon ikan, nugget ikan, keripik, kue. Didampingi dari pelatihan, pembagian kluster, pengemasan produk secara higienis dan modern, permodalan, hingga pemasaran lewat Koperasi Cinta Damai. Sehingga dari nilai-nilai perdamaian ini membuat warga menjadi semangat dan maju untuk sejahtera,” paparnya.

Untuk informasi, pembentukan Desa Damai digagas oleh Wahid Foundation yang bekerjasama dengan Badan Perserikatan Bangsa- Bangsa untuk Urusan Perempuan (United Nation/UN Women). Deklarasi Desa Damai Nglinggi secara simbolis dilakukan oleh Plt Bupati Klaten Sri Mulyani dengan melepas burung merpati dan menerbankan balon.

“Pemerintah menyambut baik apa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Nglinggi. Deklarasi Desa Damai ini perlu dijaga keberadaannya dan menular ke desa-desa lainnya,” ucap Plt Bupati Sri Mulyani.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge